Ide Bisnis Usaha Sampingan Yang Mudah Dikerjakan Ibu Rumah Tangga

Masa modern seperti ini semakin banyak sulit seseorang untuk mencari pekerjaan. Tak terkecuali seroang ibu rumah tangga yang mungkin akan merasa jenuh saat berada dirumah. Banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dari  yang bermodal kecil sampai bermodal hingga puluhan juta rupiah. Usaha sampingan ini sangat mungkin dilakukan ibu rumah tangga disamping pekerjaannya mengurus keluarga dirumah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Semakin tingginya harga kebutuhan ibu rumah tangga dimasa modern ini mendorong seorang ibu rumah tangga untuk membantu suaminya melalui usaha sampingan yang bisa dikerjakan dirumah. Tentunya hal ini sah sah saja dilakukan seorang istri untuk membantu suaminya.

Nah berikut adalah beberapa ide bisnis usaha sampingan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga.

1. Jual Pulsa dan Paket Data Internet

Usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga adalah menjual pulsa atau paket data internet. Menjual pulsa dari segi keuntungan memang kecil namun jika mampu menjual dalam jumlah yang cukup banyak maka hasilnya pun akan sangat menguntungkan.

Bayangkan saja dengan sekali transaksi kita bisa memperoleh untung rata-rata sekitar 400-600 rupiah, jika dalam sehari mampu menjual hingga 100 transaksi maka dalam satu bulan bisa menghasilkan lebih dari satu juta rupiah.

Tak terkecuali dengan menjual paket data internet. Pada masa sekarang ini banyak para pengguna internet dan menjual paket data adalah ide bisnis usaha sampingan yang sangat cocok dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga.

2. Menulis Artikel

Menulis artikel sebuah blog sangat cocok dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga yang suka menulis. Menulis artikel bisa menjadi usaha sampingan karena menulis artikel ini tidak memakan waktu seperti bekerja dikantor. Tentunya masih dapat sambil merawat anak anak dan mengajak bermain anak dirumah.

Untuk harga artikel ini biasanya dihargai mulai dari Rp. 4000 dan tergantung dari jumlah kata yang digunakan, semakin banyak kata semakin mahal harga sebuah artikel.

Jika berminat menjadi seorang penulis artikel silahkan bisa bergabung di situs Content Writter untuk memperoleh penghasilan dengan menjual artikel.

3. Membuka Jasa Katering Makanan

Bagi seorang ibu rumah tangga yang mempunyai hobi memasak, membuka usaha katering mungkin sangat cocok untuk dilakukan. Pasalnya sekarang ini banyak sekali yang memesan sebuah hidangan untuk acara baik pernikahan, khitanan, ataupun acara ulang tahun.

Usaha sampingan membuka jasa katering ini bisa dimulai dari lingkungan sekitar, teman teman serta dapat dipromosikan melalui website.

Harga yang bisa kalian tawarkan sangat bervariasi bisa mulai harga Rp. 30.000 sampai harga Rp. 100.000. Tentunya harga ini disesuaikan dengan jenis pesanan serta target konsumen.

4. Menjadi Dropshipper

Menjadi seorang droshipper? Kenapa tidak. Ide bisnis ini sekarang sedang populer karena berkembangnya toko online di Indonesia.

Dropship merupakan sebuah istilah yang mana kita menjualkan barang dan kita lah yang menentukan harganya. Contohnya begini, misal kita akan menjual sebuah tas dan harga tas tersebut adalah Rp. 50.000 yang kita ambil dari toko yang kita tentukan. Nah kita bisa menjualnya kembali sesuai dengan harga kita sendiri misal seharga Rp. 55.000 kita mendapatkan untung Rp. 5.000 hanya dengan menjualkan barangnya.

Sistem dropship kita tidak perlu stock barang dan tidak memikirkan barang lama tidak laku karena kita hanya menjualkan.

5. Menjadi Blogger/Youtuber

Bagi kebanyakan orang, seorang blogger atau youtuber identik dengan seorang laki-laki. Namun menurut saya menjadi seorang blogger atau youtuber bisa dilakukan siapa saja asal mempunyai keinginan yang kuat. Contohnya adalah ibu rumah tangga. Kegiatan ini bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menjanjikan.

Menjadi seorang blogger atau youtuber harus dilakukan dengan sabar dan tekun karena jenis bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang tidak bisa diraih hasilnya secara instant seperti usaha yang lain. Di awal awal mungkin kita tidak bisa mendapatkan penghasilan namun kita baru merasakan hasilnya secara kontinyu nantinya.

Penghasilan seorang blogger atau youtuber bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam sebulan. Sangat menggiurkan bukan?

6. Membuat Souvenir

Membuat souvenir juga bisa dijadikan ide usaha sampingan seorang ibu rumah tangga. Dengan modal yang tidak terlalu besar sudah dapat menjalankan ide bisnis ini. Souvenir yang dibuat bisa berupa souvenir pernikahan, oleh oleh dan masih banyak lagi.

Kreatifitas sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini karena inovasi inovasi terhadap bentuk souvenir akan berpengaruh terhadap nilai jual couvenir itu sendiri.

Bahkan jika kalian bisa mengubah barang bekas menjadi sebuah souvenir yang bernilai jual akan sangat menghemat modal usaha.

Baca Juga : Tips Menghemat Pengeluaran Uang

7. Membuka Jasa LES

Jasa LES saat ini menjadi usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Bukan karena apa namun usaha ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Usaha ini cocok untuk seorang ibu rumah tangga karena mendidik anak adalah adalah sebuah tanggung jawab seorang ibu.

Disamping mendapatkan uang tambahan, jasa les ini jika di niatkan dengan hat yang tulus akan mendapatkan pahala dan ilmu yang bermanfaat karena sebaik baiknya ilmu adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Baik les privat maupun tidak usaha ini cocok dilakukan seorang ibu rumah tangga.

8. Membuka Jasa Laundry Pakaian

Lingkungan perkotaan maupun lingkungan anak kos akan sangat berpeluang menjalankan bisnis usaha sampingan laundry ini. Biasanya masyarakat perkotaan akan super sibuk sehingga sering menaruh pakaian kotor pada jasa laundry.

Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar karena usaha ini menggunakan peralatan rumah tangga biasa seperti mesin cuci, dan setrika. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah ruangan yang cukup untuk menampung barang yang masuk maupun keluar.

Bisnis ini biasanya akan sangat ramai ketika masuk musim penghujan.

Kesimpulan

Banyak jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga. Janganlah membatasi kemampuan kita karena kita sejatinya dilahirkan memiliki bakat.

Reply