Mengenal Jenis Kepribadian Introvert, Extrovert dan Ambievert

0
3

Mengenal Jenis Kepribadian Introvert, Ekstrovert dan Ambievert > Manusia diciptakan dengan memiliki jenis kepribadian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Memang kita tidak dapat memungkiri keberagaman yang telah digariskan Tuhan kepada setiap umatNya. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang mengenal jenis kepribadian yang dimiliki manusia pada umumnya. Untuk pembahasan kali ini saya hanya akan membahas tentang definisi dan ciri-cirinya saja. Jika ada kesempatan lain saya akan membahasnya lebih dalam lagi. So, mari kita bahas bersama.
Kepribadian yang dimiliki oleh manusia dibagi menjadi 3 yaitu, Introvert, Extrovert, dan Ambievert. Berikut pembahasannya.

Introvert

Kepribadian manusia yang lebih banyak berkaitan dengan dunia dalam pemikirannya sendiri. Umumnya manusia yang berkepribadian ini lebih memilih untuk mneyendiri dari hiruk pikuk keramaian yang ada. Baginya dunianya sendiri terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain itu orang-orang yang berkepribadian introvert lebih senang berada dalam kondisi tenang ataupun kondisi sunyi.

Berikut ciri-cirinya :

  • Lebih cenderung menjadi pendiam
  • Senang menyendiri
  • Susah untuk bergaul
  • Lebih senang dengan kondisi tenang daripada keramaian
  • Cenderung bersifat pemikir. Jadi apapun yang dibicarakan akan dipikirkan secara matang terlebih dahulu.
  • Lebih mudah mengungkapkan suatu hal melalui sebuah tulisan.

Selanjutnya mari kita bahas untuk kepribadian Extrovert.

Extrovert

Kepribadian extrovert merupakan kebalikan dari kepribadian Introvert. Manusia dengan kepribadian Extrovert lebih senang dengan dunia di luar dari manusia tersebut. Jadi manusia dengan kepribadian extrovert lebih bisa membuka diri untuk lingkungan sekitar.
Bedanya dengan kepribadian Introvert, manusia dengan kepribadian Extrovert lebih banyak beraktifitas daripada berpikir. Umumnya manusia dengan kepribadian ini lebih menyukai lingkungan yang ramai daripada lingkungan yang sepi.

Ciri-ciri kepribadian Extrovert :

  • Cenderung menjadi manusia yang lebih aktif.
  • Lebih senang dengan lingkungan yang ramai.
  • Senang bergaul.
  • Ketika berbicara biasanya langsung ceplas ceplos. Manusia dengan kepribadian ini cenderung lebih aktif.
  • Lebih mudah berinteraksi di depan umum secara langsung.

Setelah Introvert dan Extrovert, ada juga jenis kepribadian Ambievert.

Ambievert

Kepribadian Ambievert adalah kepribadian manusia yang memliki 2 jenis kepribadian sekaligus yaitu kepribadian Introvert dan Extrovert. Manusia yang memiliki 2 keprbadian ini dapat berubah ubah dari Introvert menjadi Extrovert ataupun sebaliknya. Memiliki kepribadian Ambievert sebenarnya mempunyai keuntungan lebih. Keuntungan yang didapat yaitu dapat bersikap fleksibel. Dalam arti, ketika seorang Ambievert bertemu dengan seorang Extrovert ataupun seorang Introvert maka seorang Ambievert dapat menyesuaikan. Hal ini terjadi karena Ambievert mudah menyesuaikan dengan lawan pergaulan di setiap kondisi apapun. Namun manusia Ambievert juga mempunyai kekurangan. Kekurangan yang dimilki terkadang bersifat moody. Sifat moody tersebut terjadi karena adanya perpindahan dari pendiam atau biasa kita sebut Introvert dan aktif yang juga disebut Extrovert.

Seperti itulah pembahasan dari jenis-jenis kepribadian yang dimiliki oleh manusia. Jadi jangan menghujat ataupun menghakimi seseorang yang berkepribadian mungkn kurang cocok dengan anda. Jadi apapun kepribadian yang dimiliki setiap orang, kita wajib untuk menghargainya.
Jadi, anda termasuk kepribadian yang mana guys?

Sekian pembahasan kali ini. Semoga kita dapat berjumpa untuk sharing kembali tentang hal-hal lain yang tentunya menambah ilmu serta bermanfaat untuk sesama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here