Pengertian Spam, Scam, dan Phising Dalam dunia Internet

Tak dapat dipungkiri lagi perkembangan internet sekarang banyak mengandung dampak negatif maupun dampak positif. Mulai dari social media, email, blog dan lain lain. Yang perlu dikhawatirkan ialah dampak negatif dari internet yang diantaranya adalah spam, scam, phising dan lain lain.

Namun sebelum mengetahui apa dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan internet, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian spam, scam dan phising terlebih dahulu.

Pengertian Spam

Menurut Wikipedia Spam sendiri merupakan suatu tindakan mengirimkan pesan secara bertubi tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Pelaku dari spam disebut spammer dan tindakan yang dilakukan adalah spamming.

Ada beberapa Tujuan spamming, diantaranya yaitu Tujuan komersil, tujuan Penipuan

Tujuan komersil Atau Promosi

Tindakan spamming untuk tujuan komersil biasanya dilakukan untu promosi suatu barang atau jasa serta sebuah layanan yang terjadi secara berlebihan atau dengan kata lain frekuensi pengiriman terlalu banyak.

Pelaku akan mengumpulkan email atau nomor handphone terlebih dahulu lalu kemudian mereka simpan dalam bentuk database. Setelah terkumpul mereka akan membuat suatu pesan promosi yang nantinya akan dikirim ke email yang sudah didapat tadinya. Biasanya dalam 24 jam sebuah email mendapatkan email yang banyak dan dalam interval waktu yang sangat singkat bisa dikategorikan sebagai email spam.

Tujuan Penipuan

Kita pasti pernah menerima email atau sms yang isinya kita memenangkan undian atau mendapatkan hadiah bukan? Email atau sms seperti ini dikategorikan dalam bentuk tindakan spamming dengan tujuan penipuan. Para spammer akan meminta data diri terlebih dahulu lalu akan meminta sejumlah uang. Jadi jika kalian menemui hal seperti ini kalian perlu waspada terhadap tindakan spamming dengan tujuan penipuan.

Baca : Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pengertian SCAM

Kalian pernah mendapatkan sms Mama minta pulsa? Tindakan tersebut adalah modus penipuan yang dinamakan Scam. Scam Merupakan suatu tindakan atau modus penipuan dengan menyamar sebagai pihak tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan data atau sebuah keuntungan dari pihak lain.

Modus penipuan ini bisa terjadi secara online seperti contoh kita mendapatkan sebuah email dari seseorang yang mengatas namakan tokopedia dan orang tersebut meminta sejumlah uang yang ditransfer bukan ke rekening tokopedia atau dalam artian rekening mereka.

Beberapa tips agar kalian terhindar dari scam

  • Abaikan jika menerima telpon, sms ataupun email yang mengatas namakan pihak tertentu dan meminta transfer sejumlah uang ke pihak lain.
  • Waspadai promo palsu karena biasanya promo akan disampaikan secara resmi oleh pihak terkait.
  • Abaikan pihak yang meminta data pribadi dan rahasia seperti username dan password.

Dengan mengikuti tips tersebut kalian akan terhindar dari scam.

Pengertian Phising

Setelah tadi kita membahas pengertian spam dan scam, selanjutnya ada yang namanya Phising. Phising adalah cara untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna seperti username, password, email dan lain lain melalui website yang menyerupai website aslinya. Penipuan seperti ini akan memanfaatkan website sebagai media penipuan untuk mencuri data data pribadi pengguna.

Beberapa tips terhindar dari phising :

  • Pastikan kalian mengecek alamat website dan diawali dengan Protokol Https
  • Lindungi data data pribadi kalian dan jangan memberikannya kepada yang tidak kita kenal.

Kedua tips tersebut setidaknya dapat membantu kalian agar terhindar dari kejahatan phising.

Nah itulah tadi beberapa pengertian spam, scam dan phising. Berhati hatilah di dunia internet dan simpan selalu data pribadi kalian agar tidak terjadi tindakan kejahatan online seperti diatas. “Wise While Using Think Before Posting”

Reply