Perbedaan RAM Dan ROM Pada Android Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sebuah ponsel android pasti memiliki RAM dan ROM. RAM dan ROM inilah yang biasanya dilihat dan dijadikan perhitungan dalam membeli smartphone android. Biasanya seseorang akan memilih RAM yang besar dalam membeli smartphone Android, hal ini sangat wajar karena RAM mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja Android Jika dibandingkan dengan ROM. Lalu apa sebenarnya perbedaan RAM dan ROM pada Android?

Perbedaan RAM dan ROM pada Android

Baik di computer atau smartphone RAM memiliki fungsi yang sama. RAM atau Random Access Memory Merupakan sebuah memori yang cara kerjanya adalah menyimpan sementara program yang berjalan di Android.

Contoh kasusnya seperti ini, ketika kalian sedang membuka aplikasi pada android lalu menutupnya dan membuka kembali  benerapa waktu kemudian maka RAM lah yang menyimpan data sementara tadi sehingga ketika kalian membuka aplikasinya lagi tidak akan lama atau lebih cepat.

Data yang tersimpan didalam RAM biasanya akan hilang ketika Kalian me restrart smartphone Android kalian.

RAM sangat mempengaruhi kinerja Smartphone android, semakin besar RAM yang kalian gunakan maka semakin ringan performa smartphone kalian. Jika kalian mengalami smartphone lelet mungkin bisa saja RAM smartphone kalian penuh. Solusinya kalian bisa menutup aplikasi yang tidak terpakai karena memakan RAM.

Baca Juga :

  1. Definisi Ram Pada Computer dan Jenis Jenis Ram
  2. Perbedaan Ram Laptop DDR3 dengan DDR3L

Lalu apa ROM itu? ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory dimana kalian hanya bisa menulis melainkan hanya bisa membacanya saja atau menjalankan proses. ROM biasanya terdapat pada memory internal pada smartphone android namun memiliki fungsi yang berbeda dari memory internal. Hal ini dikarenakan didalam memory internat terdapat beberapa chip yang fungsinya juga berbeda seperti menyimpan cache, file sistem dan lain lain.

ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware yang memungkinkan untuk melakukan update.

Akhir Kata

Jika kalian membeli smartphone android dengan RAM besar maka semakin banyak aplikasi yang mampu kita buka secara bersamaan tanpa lag.

Jika penyimpanan internal yang tertera didalam spesifikasi hp android kalian adalah 16GB namun yang bisa digunakan hanya 11 atau 12GB maka sisanya adalah ROM itu sendiri.

Itulah teman teman perbedaan RAM dan ROM pada Android. Silahkan bisa berkomentar jika kalian belum paham.

Reply