Begini Prosedur dan Biaya Perpanjang SIM di Kudus

Apa kabar teman-teman? Semoga sehat selalu tercurah pada diri kita. Kali ini kita akan share sedikit tentang cara baru perpanjangan SIM atau surat ijin mengemudi di kota kudus. Tidak seperti tahun tahun lalu, sistem perpanjangan SIM atau surat ijin Mengemudi di Tahun 2016 sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan guna menghindari Pungli atau pungutan liar yang dilakukan oleh calo calo.

Ada beberapa syarat pada saat melakukan perpanjangan surat ijin mengemudi ata SIM ini. Kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu Satu lembar fotocopy KTP, lalu satu lembar fotocopy SIM dan sebuah Map untuk menaruh File kalian. Jangan lupa pada StopMap kalian isikan terlebih dahulu nama kemudian tempat tanggal lahir dan Alamat Kalian. Nah langkah selanjutnya kalian harus mengikuti tahapan tahapan dalam melakukan perpanjangan surat ijin mengemudi atau SIM.

Dalam hal ini ada beberapa tahapan untuk melakukan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi atau SIM khususnya di kota Kudus ini.

Tahapannya adalah sebagai berikut ini :

Tahap pertama yang harus kalian lakukan adalah, kalian harus terlebih dahulu melakukan tes kesehatan di dokter yang dirujukan oleh POLRES setempat, hal ini dilakukan demi keselamatan pengguna kendaraan. Nantinya kalian akan mengisikan data riwayat kesehatan kalian di dokter yang dirujuk oleh POLRES setempat. Oh ya biaya tes kesehatan ini sekitar Rp. 30.000 ya. Setelah selesai kalian akan mendapatkan selembar kertas tentang riwayat kesehatan kalian untuk selanjutnya dibawa ke POLRES setempat.

Setelah kalian berada di POLRES lalu kalian langsung saja menuju ketempat pembuatan surat ijin mengemudi atau SIM. Lalu kalian akan diarahkan untuk membayar terlebih dahulu di loket Bank BRI yang berada di kantor kepengurusan surat Ijin Mengemudi atau SIM. Kalian kumpulkan dahulu Map yang kalian sudah bawa tadi beserta Surat Keterangan Dokter tadi lalu menunggu panggilan terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran. Oh ya Biaya perpanjangan Surat Ijin Mengemudi ini menurutĀ PP 50/2010 adalah Sebesar Rp. 75.000 untuk SIM Golongan C ya.

Setelah melakukan pembayaran di loket bank BRI maka langkah selanjutnya kalian harus mengumpulkan lagi map kalian ke loket pembuatan surat Ijin mengemudi atau SIM. Setelah itu kalian harus menunggu beberapa menit untuk dipanggil dan diberi sebuah formulir untuk diisi.

Setelah kalian dipanggil dan diberi sebuah formulir, isilah formulir tersebut sesuai data-data kalian terlebih dahulu. Isikan mulai dari nama kalian alamat kalian hingga tanda tangan kalian sejelas mungkin. Kemudian kalian harus mengumpulkan lagi untuk diberi nomor antrian untuk berfoto.

Nomor antrian ini diberikan ketika kalian sudah mengisi formulir yang sudah diberikan dengan benar. Lalu tunggu nomor antrian kalian dipanggil. Setelah dipanggil kalian akan di foto untuk diterapkan pada surat ijin mengemudi kalian dan kalian harus menunggu lagi beberapa menit ketika surat ijin mengemudi kalian dicetak.

Setelah surat ijin mengemudi kalian sudah jadi maka kalian akan dipanggil oleh petugas setempat untuk mengambil surat ijin mengemmudi kalian. Nah jadi deh.

Itulah tadi beberapa cara perpanjangan Surat Ijin Mengemudi atau SIM yang khususnya di kota KUDUS. Artikel ini saya buat karena banyak sekali yang kebingungan tentang prosedur perpanjangan Surat Ijin Mengemudi atau SIM ini. Saya berharap artikel ini sangat membantu teman teman yang akan melakukan perpanjangan surat Ijin mengemudi.

Reply