Cara Eject Hard disk External Secara Aman dan Tidak Merusak Hard disk

0

Jika memakai flashdisk yang kita lakukan sebelum mencabutnya adalah dengan eject flashdisk atau safely Removable. Tentunya adalah supaya flashdisk tetap aman dan tidak mudah rusak. Namun bagaimana dengan eject hard disk eksternal? Sama halnya dengan flashdisk, hardisk eksternal juga perlu dilakukan eject hard disk supaya aman dan terhindar dari kerusakan mengingat harga hard disk eksternal yang cukup mahal.

Eject hard disk eksternal perlu dilakukan supaya tidak terjadi file corupt pada hard disk dan tidak terjadi bad sector. Hal ini karena Hard disk sendiri memiliki sebuah piringan dimana piringan tersebut berputar saat kita colokkan kabel usb hard disk ke komputer. Hal ini sangat berbeda dengan SSD atau Solid State Data yang tidak menggunakan sistem mekanik untuk pembacaan datanya ( silahkan Baca  Perbedaan Hard disk dengan SSD). Sehingga jika kalian langsung mencabutnya begitu saja maka piringan tersebut akan berhenti secara mendadak dan memperpendek umur pakai hard disk itu sendiri.

Pada windows 7 saat kita melakukan eject hard disk piringan tidak langsung berhenti, namun pada windows 8 saat kita eject atau safely remove hard disk eksternal maka piringan akan berhenti.

Sebelumnya untuk melakukan eject hard disk atau safely remove hardisk eksternal pada windows 7 kita perlu menambahkan registry baru. Registry ini berfungsi sebagai perintah supaya piringan hard disk eksternal kita berhenti dan kita bisa eject hardisk secara aman.

Berikut ini adalah langkah menambahkan registry baru.

1. Langkah pertama kalian harus masuk ke Registry Editor dulu. Caranya yaitu dengan Menekan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu ketikkan regedit dan enter.

2. Langkah kedua masuk ke Folder HKEY_LOCAL_MACHINE Lalu Pilih SYSTEM dan pilih Current Control Set lalu Services dan pilih usbhub

3. Lanjut ke langkah ketiga Pilihlah Menu Edit, kemudian pilih New dan pilih Key

4. Berilah nama hubg dan tekan Enter.  Atau jika sudah ada key yang bernama hubg, bisa kalian lewati langkah ke 3 dan langkah 4.

5. Langkah ke lima silahkan Pilih Menu Edit dan pilih New, lalu arahkan mouse ke DWORD (32-bit) Value dan pilih.
6. Langkah ke enam berilah nama DisableOnSoftRemove lalu tekan enter.
7. Langkah ke tujuh silahkan Klik kanan pada DisableOnSoftRemove dan pilih Modify
8. Langkah ke delapan silahkan pada bagian value isikan dengan angka 1, dan klik Ok
9. Langkah ke sembilan silahkan Tutup Registry Editor
10. Langkah terakhir silahkan Restart komputer kalian dan cobalah untuk melakukan eject/safely remove pada harddisk external kalian, dan lihat hasilnya.
Itulah penjelasan mengenai cara eject hard disk eksternal yang bisa kalian lakukan di komputer atau laptop dengan sistem operasi windows 7. Cara ini juga bisa untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak ada menu eject nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here