Cara Menentukan Nama Domain Yang Terbaik

0
39
menentukan nama domain

Apa kabar teman teman, setelah lama vakum untuk urusan blogging kali ini share disini akan membahas tentang cara menentukan nama domain yang terbaik untuk website kita. Bagi beberapa orang domain dianggap dapat memberikan sesuatu lebih pada website mereka. Domain dianggap mampu memberikan branding pada sebuah website atau blog.

Menentukan nama domain yang baik juga memungkinkan orang lain untuk mudah mengingat website atau blog kita sendiri. Disini kita akan membantu kalian nih buat menentukan nama domain yang terbaik untuk website kalian. Dari tadi bahas domain domain mulu sih, lalu apa sebenarnya domain itu?

Apa itu domain?

Domain merupakan sebuah alamat sebuah website atau blog yang digunakan untuk mempermudah pengguna internet untuk mengunjungi atau mengingat alamat website yang dikunjungi. Sebenarnya domain merupakan pengganti IP Adress atau alamat IP. Kebayang dong jika alamat website kita menggunakan IP Adress, pastinya sangat sulit untuk mengingatnya dan pengunjung situs kita akan enggan mengingat alamat situs kita.

Cara Menentukan Nama Domain Terbaik

Jika kalian hari ini ingin menyewa suatu domain dan kalian sudah banyak mengunjungi situs situs tertentu pada pencarian search engine pasti kalian telah melihat nama domain yang sudah banyak dipakai. Maka langkah yang kalian harus lakukan adalah menentukan nama domain yang cocok dan belum dimiliki orang lain.

Berikut adalah lima cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan nama domain yang terbaik :

  • Pilih Domain Extension Yang Cocok Untuk Situs Kalian

Tersedia lebih dari 300 extensi domain yang tersedia saat ini, ada beberapa yang terpopuler diantaranya adalah extensi domain ‘.com’. Pada saat domain yang terpopuler adalah dengan extensi ‘.com’ kalian tidak harus memiliki domain berextensi ‘.com’. Banyak varian domain yang bisa kalian pilih diantaranya adalah ‘.net’ ‘.id’ ‘.org’ ‘.co.id’.

Memilih Extens domain sebaiknya disesuaikan juga dengan isi konten yang kita buat. Pada contohnya kita membuat konten dengan tujuan edukasi maka lebih baik menggunakan extensi domain ‘.edu’ atau ‘.org’.

  • Nama Domain Yang Pendek

Semakin pendek nama domain kalian maka akan semakin mudah diingat orang. Hal ini juga memudahkan pada saat mengetik domain kita sehingga calon pengunjung website kita tidak kesulitan dalam mengeja nama domain kita.

  • Buat Sederhana

Hal terpenting lain untuk menentukan nama domain adalah buatlah nama domain se sederhana mungkin. Seperti contoh Excellence dengan Xcellence mungkin terlihan creatif dengan kata xcellence, namun lebih baik menghindari pemberian nama domain seperti ini karena dikhawatirkan akan salah pengejaan sehingga ketika kita mengetik dengan nama excellence maka website kita tidak muncul.

  • Mencerminkan Website Kalian

Hindarilah memberi nama domain keluar dari topik yang kalian bahas pada website kalian. Karena hal ini akan sangat membingungkan pengunjung situs kalian. Seperti contoh kalian membuat website tentang edukasi namun kalian memberikan nama domain dengan nama kalian atau nama sesuatu kesukaan kalian.

Hal ini jelas tidak memberikan manfaat walaupun sebenarnya itu adalah website milik kalian. Jika kalian ingin menyewa domain dengan nama kalian lebih baik tidak digunakan untuk website secara proffessional dengan kata lain hanya dipergunakan untuk pribadi misalkan fotografi kalian atau cerita cerita kalian.

  • Bisa Diingat Dengan Satu Kata

Sebenarnya point ini tidak terlalu penting sih namun saran saya usahakan membuat nama domain tidak terlalu panjang atau dengan kata lain hanya satu kata. Jika kalian membuat nama domain terlalu panjang maka space yang ada pada url kalian akan panjang juga dan akan sulit diingat.

Nah itulah beberapa cara untuk menentukan nama domain yang terbaik. semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memilih nama domain yang cocok. Terima kasih jangan lupa share yaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here