Definisi Ram dan Jenis-Jenis Ram Pada Komputer

0
50
definisi ram

Jika kalian memiliki sebuah pc atau laptop pasti kalian sudah tidak asing dengan kata RAM bukan. Nah bagi kalian yang baru mendengar kata kata Ram ada baiknya menyimak dahulu postingan saya kali ini yang membahas tentang definisi Ram dan jenis jenisnya.

Definisi Ram

Ram atau dari singkatan Random Acces Memory merupakan sebuah perangkat keras pada komputer atau laptop yang terbentuk dari beberapa gabungan chip yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Nah kok media penyimpanan sementara? Maksudnya apa ya?

Media penyimpanan sementara yang dimaksudkan adalah seperti ini. Nah Saya contohkan seperti gini, ketika kita membuka sebuah aplikasi seperti microsoft word ketika kita mengetik lalu kita menghapusnya yang memproses adalah ram dan bukan hardisk atau ssd. Hardisk digunakan ketika kita sudah benar benar menyimpan dokumen tersebut.

Baca juga : Perbedaan HDD dan SSD

Dimana letak Ram?

Letak ram pada laptop biasanya terdapat pada bagian bawah laptop kita. Bentuk ram sendiri yaitu seperti sebuah komponen pcb yang terdapat chip chipnya yang sesuai dengan tipe ram tersebut. Untuk laptop tertentu Ram ada yang terpasang langsung pada motherboard nya akan tetapi kebanyakan masih berada pada bagian bawah laptop.

Jenis jenis Ram

Terdapat banyak jenis ram yang bisa kita ketahui namun kali ini saya akan menjelaskan jenis ram yang umum digunakan pada komputer sekarang yang bejenis DDR.

Jangan lupa baca juga : Perbedaan Ram DDR3L dengan DDR3

Ram DDR merupakan singkatan dari Double Data Rate Random Acces Memory. Pada Ram DDR sekarang ini memiliki 4 generasi diantaranya adalah DDR atau DDR1 , DDR2, DDR3, dan DDR 4. Perbedaan masing masing generasi Ram tersebut terdapat pada memory clock dan frekuensi tranfernya.

  • DDR1 RAM

Ram DDR1 dikembangkan pada tahun 1996 sampai dengan tahun 2000 dan memiliki beberapa jenis diantaranya ada DDR-200, DDR-266, DDR-333, dan DDR-400. Masing masing memory clock untuk jenis ram ini berbeda. Pada ram DDR-200 memiliki memory clock sebesar 100Mhz. DDR-266 memiliki memory clock Sebesar 133Mhz. DDR-333 memiliki memory clock sebesar 166Mhz. Sedangkan untuk DDR-400 memiliki memory clock sebesar 200Mhz. Namun diantara semua itu frekuensi transfer RAM DDR1 hanya sebesar 200-400Mhz.

  • DDR2 RAM

Secara umum ram DDR2 memiliki Clock memory yang lebih besar dua kalinya dari pada ram DDR1. Hal ini berarti bahwa kecepatan ram DDR2 lebih cepat dari Ram DDR1. Ram ini memiliki nama jenis tersendiri yaitu DDR2-400 kemudian ada DDR2-533, lalu ada DDR2-667, lalu juga ada DDR2-800 dan yang terakhir yaitu DDR2-1066. Diantara semua itu ram DDR2 memiliki frekuensi transfer antara 400-1066 Mhz.

  • DDR3 RAM

DDR3 Ram merupakan generasi yang ketiga. Pada DDR3 terdapat memory clock yang tidak jauh berbeda dengan Ram DDR2 akan tetapi Ram DDR3 memiliki Frekuensi transfer yang tinggi yaitu bisa mencapai 2133Mhz. Hal ini sangat berbeda dengan Ram DDR2 yang memiliki frekuensi tranfer maksimal hanya 1066 Mhz. Pada ram DDR3 juga terdapat versi yang low voltage dan yang biasa. DDR3 low voltage atau biasanya adalah DDR3L memiliki voltase sebesar 1.35 volt sedangkan yang biasa atau DDR3 memiliki voltase sebesar 1.5 Volt.

  • DDR4 RAM

Ram DDR4 memiliki kapasitas yang jauh berbeda dengan DDR3. Ram DDR4 tersedia dar 4gb sampai dengan 16gb. perbedaan yang lainnya diantaranya adalah Data rates. pada ram DDR3 hanya memiliki data rate sebesar 800-2133 Mb/s sedangkan pada Ram DDR4 memiliki data rates sebesar 1600-3200 Mb/s.

Itulah tadi penjelasan sedikit tentang Random Acces Memory atau RAM. Jika bermanfaat bisa kalian share ke teman teman kalian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here