Blogging
Jan23

Mengenal Apa itu Domain, Subdomain, dan Addon Domain

Mengenal apa itu domain dunia blogging merupakan hal yang sangat mendasar yang harus diketahui oleh seorang blogger. Ketika seorang blogger tidak mengetahui apa itu domain, subdomain dan addon domain bisa dibilang belum mengetahui dunia blogging. Ibarat seorang yang punya rumah tetapi belum mengerti alamat rumahnya.

Ketika kita diarahkan kepada suatu alamat blog kita, sesuatu yang tidak dapat dipisahkan adalah domain itu sendiri. Domain bisa diibaratkan sebagai alamat sebuah blog yang kita bangun. Oleh karena itu ada teknik teknik khusus dalam memilih nama domain untuk sebuah blog yang akan kita bangun. Kalian bisa membaca Cara Menentukan Nama Domain Terbaik Untuk Referensi Pemilihan nama domain.

Apa itu Domain?

Domain Adalah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat website untuk mengakses server sebuah website. Domain merupakan sebuah IP address yang mengarah ke sebuar server, biasanya IP address berupa angka seperti 203.114.72.245 Yang merupakan alamat IP dari blog ini. Tentu kalian akan lebih kesulitan mengingat jika dibandingkan dengan menggunakan nama domain seperti share-disini.com.

ada tiga macam tipe domain diantaranya adalah :

  • Top Level domain (TLD)

Top Level domain atau yang sering disebut TLD merupakan kata yang berada dibelakang nama domain dan biasa disebut sebuah domain tingkat atas. Contoh domain tingkat atas adalah .com, .net .org .info .edu .gov dan lain lain.

  • Second Level Domain (SLD)

Second Level domain merupakan sebuah nama domain itu sendiri. Sebagai contoh domain share-disini.com, second level domain tersebut adalah share-disini sedangkan .com sendiri merupakan TLD atau top level domain.

  • Third Level Domain

Untuk third level domain sendiri adalah nama domain yang berada sebelum second level domain. Sebagai contoh domain share-disini.com, kalian bisa menambahkan nama sebelum domain tersebut seperti mail.share-disini.com dan mail. itu sendiri adalah third level domainnya.

Apa itu Subdomain?

Subdomain merupakan sebuah nama domain yang berada dibelakang nama domain utama. Bisa dibilang subdomain ini adalah third level domain. Contoh subdomain adalah subdomain.share-disini.com . Nah disini share-disini.com merupakan domain utama, sedangkan subdomain. adalah subdomainnya.

Dan Apa itu Addon Domain?

Addon domain merupakan sebuah domain yang ditambahkan didalam sebuah paket hosting sebuah blog atau website yang diarahkan ke sebuah subdirektori dari domain tersebut.

Addon domain hanya bisa kalian dapatkan ketika membeli layanan hosting self hosted blog. Jika kalian menggunakan blogger kalian tidak mendapatkan fitur addon domain.

Kesimpulan

Domain merupakan sebuah alamat yang mengarah ke situs yang kita miliki. Tipe domain ada tiga yaitu Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD), dan Third Level Domain. Subdomain bisa disebut sebagai Third Level domain.

Itulah beberapa penjelasan tentang domain, subdomain, dan addon domain. Semoga artikel ini mampu menginspirasi kamu. Share jika bermanfaat yah

Tags:

Author: 

Lahir di kota Kudus, Saya adalah Seorang Engineer yang menyukai blogging serta dunia teknologi Digital. Mulai blogging sejak SMK dan sangat tertarik terhadap perkembangan dunia digital masa depan.

author

2 Responses

  1. author

    Nusalog4 bulan ago

    Salam, kalau begitu bedanya Third Level Domain dengan subdomain ap ya?

    Reply
    • author
      Author

      Noorhadi Prasetiyo4 bulan ago

      Salam sejahtera mas Nusa. Sebenarnya Third level domain adalah nama lain dari subdomain itu sendiri.
      Thanks

      Reply

Please Leave a Reply