Mengenal Gejala Penyakit Maag Dan Tips Pencegahannya

Mengenal Gejala Penyakit Maag Dan Tips Pencegahannya > Halo sahabat share disini. Apa kabar? Semoga lebih bertambah ilmu dan kebaikan yaa, insyaAllah. Oke, kali ini saya akan membahas tentang kesehatan lagi nih. Karena pentingnya kesehatan bagi kita maka dari itu, saya akan membahasnya kembali. Seperti artikel yang sudah saya terbitkan sebelumnya Yaitu Manfaat Air Putih Dan Kegunaannya Bagi Kesehatan Tubuh.

Kali ini saya akan membahas salah satu jenis penyakit yang sering kita dengar. Yaa, penyakit itu adalah penyakit maag. Memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita tentang penyakit tersebut. Pada kesempatan ini saya akan membahas apa itu penyakit maag dan bagaimana cara  mencegah atau pengobatannya. Mari kita bahas

Apa Itu Penyakit Maag?

Maag atau sering disebut juga  radang lambung merupakan penyakit yang sangat familier di telinga kita. Penyakit ini sering menjangkit setiap orang yang tidak bisa mengatur pola makan. Pengertian maag adalah suatu gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka pada dinding lambung yang menyebabkan perut mulas, perih, mual, atau bahkan muntah-muntah.

Pada sebagian orang memandang penyakit maag lebih sering menyerang anak kost. Seperti yang kita ketahui jadwal makan atau pola makan yang dimiliki oleh anak kost cenderung tidak teratur. Hal inilah yang menyebabkan hampir setiap anak kost terjangkit penyakit maag. Namun perlu diketahui pula tidak semua anak kost menderita penyakit maag.

Tips Pencegahan Penyakit Maag

Sebuah penyakit lebih baik dicegah daripada harus diobati. Karena proses pengobatan terkadang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Untuk itulah lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut ini akan saya sharing kan mengenai tips pencegahan untuk penyakit maag.

  1. Atur pola makan. Mengatur jadwal atau pola makan sangat berpengaruh untuk kesehatn pencernaan. Jika pola makan tidak teratur maka hasilnya system pencernaan pun tidak bejalan lancar. Siklus pola makan yang teratur tidak perlu dalam porsi besar/porsi banyak, dengan porsi secukupnya namun dilakukan berukang-ulang. Kita lebih sering menyebutkan dengan Dengan demikian kerja lambung akan normal sehingga dapat mencerna makanan secara optimal.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab maag. Cara selanjutnya yaitu mengurangi makanan penyebab timbulnya penyakit maag seperti cuka, makanan pedas, kopi, dan lain sebagainya.
  3. Hindari stress. Kondisi psikologis juga mempengaruhi memicunya kenaikan asam lambung yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit maag. Untuk itu kita harus selalu berpikir positif.

Pengobatan Penyakit Maag

Bagi anda yang sudah menderita penyakit maag harus ekstra sabar dalam menghadapi penyakit ini. Karena jika kita tidak bisa mengendalikan emosi hasilnya pun penyakit ini akan tambah serius. Sebenarnya penyakit maag dapat disembuhkan namun harus bertahap. Akan tetapi tidak sembuh total. Ketika si penderita kecolongan mengkonsumsi makanan pemicu sakit maag atau dalam kondisi stress maka penyakit maag akan timbul/kumat lagi. Jadi bisa dibilang penderita penyakit maag bisa sembuh atas kemauan dan keyakinan diri sendiri namun juga tak lupa harus disertai dengan usaha dan ikhtiar. Untuk pengobatan yang lebih serius bisa dilakukan dengan konsultasi dengan dokter.

Kesimpulan

Jadi setiap penyakit pasti ada obatnya, karena itu merupakan janji dari sang Pencipta untuk ummat-Nya. Semangat untuk sembuh yang berada pada diri sendiri adalah obat terbaik untuk setiap penyakit. Untuk itu tetaplah menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan secara teratur dan hindari mengkonsumsi makanan berlemak karena makanan berlemak susah dicerna. Selain itu tetaplah untuk berusaha sembuh dengan jalan berobat ataupun ikhtiar. Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.

Reply