Beberapa Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya

0
penyebab hp android lemot

Beberapa orang pasti pernah mengalami smartphone yang dimiliki terasa lambat atau lemot. Padahal dalam waktu yang bersamaan kalian sedang membutuhkannya untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Tak memandang smartphone mahal atau murah bahkan smartphone android dengan spesifikasi yang tinggi pun bisa saja terasa lemot. Hal ini sangat berbeda dengan smartphone iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS namun tetap terasa ringan bahkan sangat jarang terjadi lag atau lemot.

Mungkin kalian akan bertanya tanya kenapa smartphone android saya lemot dan apa penyebab hp android lemot. Oleh karena itu berikut saya akan memberikan beberapa penyebab hp android lemot.

Penyebab Hp Android Lemot

1. Kapasitas Ram Kecil

Penyebab hp android lemot yang paling banyak terjadi di kalangan kita adalah karena kapasitas RAM android terlalu kecil. Kapasitas RAM yang kecil bisa menyebabkan hp android lemot karena RAM tidak mampu menampung terlalu banyak process. Alhasil smartphone android terasa lemot karena kapasitas ram yang kecil terlalu banyak digunakan oleh process.

Baca Juga : Apa itu RAM Dan Jenis Jenis RAM

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Penyebab hp android lemot selanjutnya adalah karena aplikasi yang terinstall terlalu banyak. Kenapa bisa menyebabkan hp lemot? Hal ini dikarenakan aplikasi yang kita Install membutuhkan ruang penyimpanan sehingga otomatis akan menyebabkan ruang penyimpanan berkurang. Berkurangnya ruang penyimpanan di hp android kita menyebabkan aplikasi yang berjalan terasa lambat karena sistem operasi android tidak bisa menjalankan suatu proses dengan cepat sehingga hp android berjalan terasa lambat atau lemot.

Baca : Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Banyak Iklan

3. Widget Berjalan secara berlebihan

Beberapa orang pasti lebih suka tampilan layar dari smartphone android mereka menjadi lebih hidup dengan widget widget android seperti live wallpaper dan lain lain. Namun tahukah kalian jika terlalu banyak mengaktifkan widget di smartphone android dapat menyebabkan hp android lemot?

Menggunakan widget berlebih pada hp android dapat menyebabkan hp lemot karena widget tersebut memakan cukup banyak RAM sehingga jika kapasitas RAM yang berjalan terlalu banyak maka akan menyebabkan smartphone android kalian terasa lemot.

4. Cache Browser yang Menumpuk

Cache browser berfungsi untuk menyimpan data dari situs situs yang pernah kalian kunjungi di browser atau peramban. Cache ini biasanya akan menyimpan data data yang bisa berupa file, gambar ataupun teks. Dengan adanya cache di browser kalian akan lebih cepat mengakses halaman yang pernah kalian kunjungi sebelumnya.

Jika cache browser yang tersimpan terlalu banyak maka akan menyebabkan pembengkakan memory pada smartphone android kalian sehinggan jika ruang penyimpanan terlalu sempit dapat menyebabkan hp android lemot.

5. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Belakang Layar

Jika kalian menginstall banyak aplikasi pada smarthone android tidak semuanya akan berjalan pada layar utama. Seperti halnya aplikasi social media seperti BBM Mesenger dan Facebook. Aplikasi tersebut akan selalu berjalan namun hanya di belakang layar. Aplikasi tersebut akan memakan RAM secara terus menerus.

Jika aplikasi yang berjalan dibelakang layar terlalu banyak, maka otomatis penggunaan RAM semakin banyak dan banyaknya penggunaan RAM ini akan mempengaruhi kinerja proses sehingga hp android akan terasa lemot.

Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot

Ada beberapa cara untuk mengatasi hp android yang lemot, berikut adalah yang bisa  dilakukan ketika smartphone android kalian mulai lemot.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Jika hp android kalian terlalu banyak terinstall aplikasi yang tidak terpakai ada baiknya untuk menghapus aplikasi tersebut karena data aplikasi yang terinstall di smartphone android kalian akan tersimpan di App Drawer. Yang terjadi adalah CPU bekerja secara terus menerus karena aplikasi tersebut berjalan dibelakan layar dan menyebabkan hp android kalian menjadi lemot.

Solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dipakai di hp android kalian. Dan jika suatu saat kalian ingin menggunakan lagi aplikasi tersebut kalian bisa mendownload di Google PlayStore.

2. Sering Sering Membersihkan Memory Internal

Jika kalian memiliki smartphone android yang hanya menggunakan memory internal saja pastikan kalian sering sering membersihkan file atau data yang menumpuk di memory internal. Jika memory internal kalian penuh, akan dapat menyebabkan smartphone android kalian menjadi lemot karena proses berjalan lambat.

Solusinya adalah hapus file yang sudah tidak terpakai atau pindahkan file tersebut ke memory eksternal jika ada. Kalian juga bisa mengosongkannya tanpa menghapus data kalian dengan backup di computer.

3. Selalu Membersihkan Data Cache

Cache yang menumpuk terlalu banyak akan mengakibatkan ruang penyimpanan internal membengkak dan android akan terasa lambat. Walaupun secara fungsi baik tetapi kalian harus sering sering membersihkan cache baik di Aplikasi maupun cache Browser.

Untuk cara membersihkan data cache ini cukup mudah, kalian bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Applications kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin di bersihkan data cache nya.

4. Factory Reset

Jika ketiga langkah diatas belum bisa menjawab solusi hp android yang lemot langkah terakhir adalah dengan melakukan Factory reset atau melakukan Reset smartphone android ke kondisi setelan Pabrik.

Hati hati, pastikan kalian melakukan backup data penting yang ada di smartphhone kalian agar tidak hilang karena dengan melakukan Factory Reset semua data yang ada di smartphone kalian akan dihapus semua.

Unruk cara melakukan factory reset kalian bisa masuk ke menu Setting Lalu cari menu Backup & Reset kemudian pilih Factory data Reset

Nah itulah beberapa penyebab hp android lemot dan cara mengatasinya. Jika bermanfaat silahkan bisa bagikan artikel ini ke teman teman kalian. Semoga artikel ini menjawab apa yang kalian cari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here