Perbedaan HDD dengan SSD serta Kelebihan kekurangan

Perbedaan HDD dengan SSD serta Kelebihan dan Kekurangannya – Apa yang kalian ketahui tentang HDD atau SSD? Disini kita akan share tentang keduanya teman teman. HDD atau Hard Drive Disk merupakan sebuah media penyimpanan data yang umum digunakan pada sebuah laptop atau PC. Sedangkan SSD atau Solid State Data merupakan evolusi dari HDD.

Baik HDD maupun SSD mempunyai fungsi utama yaitu sebagai media penyimpanan data pada komputer. Namun akhir-akhir ini SSD sudah banyak digunakan pada laptop laptop baru. SSD dan HDD memiliki masing masing perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Nah lalu apa saja sih perbedaan HDD dengan SSD? Berikut ini adalah beberapa perbedaan HDD dengan SSD yang saya bahas dalam beberapa segi.

Baca Juga :

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet

Harga

Dari segi harga SSD bisa dibilang lebih mahal dibandingkan HDD. SSD lebih mahal karena memang sangat berbeda dengan HDD.  SSD bisa lebih mahal berkali kali dari pada HDD

Kecepatan Membaca File

Tidak bisa di pungkiri lagi kalau ssd bisa lebih cepat dalam proses pembacaan file. Hal ini terjadi karena memang ssd dibuat dengan komponen elektronik saja. Kecepatan membaca file ssd bisa kita lihat perbedaannya pada saat komputer melakukan booting pertama kalinya. Ssd bisa booting hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik dan rata rata kurang dari 1 menit, berbeda dengan hdd yang bisa sampai 1 menit lebih pada saat melakukan booting pertama, namun hal ini tergantung dengan spek komputer atau laptop yang digunakan. Secara umum SSD lebih cepat pada saat proses booting dibandingkan dengan HDD.

Bentuk dan Komponen Yang digunakan

Dari segi bentuk hdd biasanya memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan ssd. Hal ini terjadi karena memang Hdd memiliki komponen seperti plate dan lain lain yang sangat berpengaruh pada ukuran hdd itu sendiri. Hdd menggunakan komponen mekanik dan elektronik dalam menyimpan suatu data.

Ssd bisa dibilang lebih kecil dari segi dimensi ukurannya karena memang ssd tidak terbentuk dari komponen mekanik seperti motor, platter dll. Ssd hanya menggunakan komponen elektronik seperti IC atau intergrated circuit dan micro chip serta komponen elektronik pendukung lainnya yang bisa sangat memangkas dalam segi dimensi itu sendiri.

Pengaruh yang Ditimbulkan

HDD mempunyai pengaruh buruk jika dibandingkan terhadap SSD. Ini bisa terjadi karena HDD menggunakan komponen mekanik yang dapat memberikan pengaruh terhadap laptop atau komputer kita diantaranya adalah Konsumsi daya yang tinggi, menimbulkan suara karena HDD menggunakan komponen mekanik yaitu motor, Platter dan lain lain. Pengaruh lainnya adalah suhu lebih panas jika dibandingkan SSD.

Nah kebalikan dengan HDD, secara keseluruhan SSD memang lebih rendah dalam konsumsi dayanya karena SSD menggunakan sebuah komponen elektronik. SSD juga lebih silent jika dibandingkan dengan HDD karena SSD tidak menggunakan komponen mekanik. Serta suhu yang ditimbulkan tidak sepanas HDD.

Fragmentasi/Pemecahan Data

HDD sangat cocok untuk menyimpan file yang berukuran besar. Namun ketika kapasitas sebuah hdd itu mulai penuh akan dapat menyebabkan perpecahan atau fragmentasi yang dikarenakan oleh pembacaan yang ada di piringan hdd. Sedangkan untuk ssd sangat kuat terhadap resiko fragmentasi mengingat komponen yang digunakan adalah micro chip.

Prinsip Kerja

Prinsip kerja HDD dengan SSD berbeda. Prinsip kerja HDD yaitu menggunakan komponen mekanik sebuah motor dan plate yang membaca file dari plate tersebut, sedangkan SSD menggunakan prinsip kerja pembacaan komponen elektronik yang ada didalamnya.Save

Reply