Apasih Bedanya Usb 2.0 dan 3.0 itu? Ketahui perbedaannya disini

0

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 – Semua perangkat komputer sudah pasti ada komponen yang namanya USB. Usb tidak bisa dipisahkan dengan komputer maupun laptop. Usb pada komputer atau laptop berfungsi sebagai penghubung komputer dengan perangkat lainnya seperti mouse, keyboard, flashdisk, modem dan lain sebagainya. Jenis jenis Usb pun bermacam macam dan memiliki perbedaan masing masing.

Seiring perkembangan teknologi komputer saat ini sekarang sudah ada usb 3.0. Pertama kali usb keluar adalah usb 1.0 lalu ada usb 2.0 dan yang sekarang ini sedang booming adalah usb 3.0 yang katanya memiliki perbedaan yang signifikan dengan usb 2.0.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Supaya Tetap awet

Walaupun secara fisik usb 2.0 dan 3.0 bentuknya hampir sama, namun sebenarnya ada hal yang membedakan antara keduanya. Perbedaan usb 2.0 dan 3.0 antara lain adalah sebagai berikut:

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

1. Bentuknya

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, usb 2.0 dan 3.0 tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan usb 2.0 dan 3.0 terletak pada jalur kabelnya saja. Usb 2.0 hanya memiliki empat jalur sedangkan usb 3.0 memiliki 9 jalur.

2. Tegangan

Dilihat dari tegangan yang dipakai usb 2.0 menggunakan tegangan 4,4 volt sedangkan pada usb 3.0 hanya menggunakan tegangan sebesar 4 volt. Hal ini berarti bahwa penggunaan daya baterai laptop lebih boros jika menggunakan usb 2.0

3. Warna bantalan

Jika dilihat dari warna slot bantalan yang ada, usb 2.0 dan 3.0 memiliki perbedaan yang signifikan. Pada usb 2.0 menggunakan warna slot bantalan putih atau hitam sedangkan pada usb 3.0 menggunakan warna biru.

Hal ini bisa kalian jadikan patokan untuk mengetahui apakah itu usb 2.0 atau usb 3.0.

4. Kecepatan transfer

Perbedaan usb 2.0 dan 3.0 yang lainnya adalah kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data yang dihasilkan oleh usb 3.0 lebih cepat dari usb 2.0 bahkan sampai 6 kali lebih cepat dari usb 2.0.

Dengan menggunakan teknologi full duplek atau transfer data secara dua arah, usb 3.0 ini mampu mentransfer data hingga kecepatan 3,2 Gbps.

5. Panjang kabelnya

Berdasarkan panjang kabel yang digunakan, usb 3.0 hanya support panjang kabel hingga 3 meter saja. Sedangkan usb 2.0 bisa menggunakan panjang kabel hingga 5 meter.

6. Support OS

Perbedaan usb 2.0 dan 3.0 yang jarang kita anggap adalah dari support operating sistemnya.

Usb 2.0 support untuk operating sistem windows xp atau vista. Sedangkan usb 3.0 hanya support di operating sistem windows 7 keatas.

Akhir kata, semua teknologi pasti akan mengalami perkembangan seperti halnya teknologi usb 2.0 dan 3.0 ini. Nah itulah perbedaan usb 2.0 dan 3.0 yang sudah kami ulas secara detail. Jika kamu punya pengalaman terhadap penggunaan usb 2.0 atau 3.0 ini, silahkan bisa berkomentar di bawah ini. Terima Kasih Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here