Blogging
Jan20

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Trafik Blog

Seo merupakan salah satu faktor atau aspek yang paling perlu di tekankan oleh blogger dan webmaster. Seperti yang telah kita ketahui, SEO merupakan sebuah proses di mana pemilik blog atau website melakukan berbagai cara optimasi supaya website atau blog mereka terkenal di mesin pencari. Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya yaitu 7 Plugin WordPress Ini Mampu Meningkatkan Trafik Blog banyak juga cara yang bisa kita lakukan selain menggunakan plugin.

Jika Blog kalian sudah dioptimasi dengan benar maka kalian akan dengan mudah mendapatkan trafik blog organik. Seo sangat perlu untuk blog atau website kita, maka dari itu simak baik baik tips SEO berikut supaya trafik blog kalian meningkat.

Lakukan Optimasi Judul Postingan

Kalian bisa mengoptimas judul postingan blog kalian dengan menggunakan 70 karakter yang sudah termasuk dengan spasi. Lalu apakah akibatnya jika melebihi 70 karakter? Akibatnya adalah blog anda kurang baik di mata mesin pencari. Buatlah Judul postingan blog semenarik mungkin agar para surfer merasa terpikat untuk membaca blog kalian.

Beri Deskripsi Meta/ Meta Description

seoMeta deskripsi pada penelusuran bisa jadi sangat penting, supaya postingan blog kalian dapat terlihat menarik perhatian orang untuk membacanya. Berilah penjelasan singkat mengenai apa yang akan kalian jelaskan pada artikel kalian. Buatlah semenarik mungkin dan tidak melebihi 156 karakter karena batas maksimum yang seo frendly adalah 156 karakter.

Optmasi Penggunaan Keyword/Kata Kunci

Optimasi kata kunci dapat kalian lakukan dengan menekankan pada sinonim dari kata kunci yang kalian buat dan memasukkan nya di dalam postingan blog kalian. Tentukanlah kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencari seperti google. Biasanya untuk melihat kata kunci yang paling banyak dicari, para blogger menggunakan Keyword Planner atau dengan menggunakan Google Auto Suggestion.

Disamping penempatan kata kunci pada postingan blog itu penting, tetapi kalian tidak bisa menyisipkan banyak kata kunci ke dalam posting blog kalian. Kata kunci atau keyword pada posting blog tidak boleh memiliki jumlah lebih dari 3% dari total kata yang kalian gunakan dalam satu postingan. Jika lebih dari 3% maka dianggap tidak baik oleh mesin pencari.

Tulis Artikel yang Bermanfaat Untuk Pembaca Blog

Jika hanya sekadar optimasi kedua langkah di atas bukanlah merupakan SEO faktor. Kalian harus menyajikan konten artikel yang mudah dibaca, dipahami serta memiliki navigasi yang mudah digunakan dan user friendly. Di sini peranan konten atau artikel blog bisa diibaratkan seperti seorang raja maka dari itu buatlah konten artikel secara rutin dan jangan biarkan blog terlalu lama tidak di update. Salah satu cara supaya blog kalian supaya bisa tetap aktif dan update adalah dengan menyediakan Guest Blogging.

Buatlah artikel yang membahas mengenai tutorial karena artikel jenis ini sering banyak dicari oleh para pembaca blog.

Terlalu menekankan SEO pada blog kalian bisa berpengaruh terhadap page rank penalty yang akibatnya akan berpengaruh terhadap posisi artikel kalian di SERP (Search Engine Ranking Page). Optimasi konten berlebih juga bisa berdampak tidak baik terhadap blog kita, di mata mesin pencari akan dianggap spam. Jadi gunakan SEO konten sesuai kaidah kaidah yang sudah saya jelaskan tadi.

Buatlah Permalink Khusus

seoKenapa permalink juga berpengaruh terhadap SEO? Karena permalink akan muncul pada halaman pencarian. Jika kalian menaruh kata kunci atau keyword pada permalink maka akan dapat menambah SEO score. Permalink yang baik adalah bersifat pendek dan terdapat kata kunci di dalamnya. Permalink pendek akan mempermudah membuat pembaca mengingatnya sehingga sewaktu waktu akan mengunjungi balik mereka biasanya langsung menuju ke address bar dan mengetikan url secara langsung.

Internal Link dan External Link

Yang dimaksud internal link disini adalah memberikan sebuah link yang mengarah ke artikel kita yang lainnya yang Relevan satu dengan yang lain. Hal ini dapat membantu search engine menemukan konten yang relevan satu dengan yang lainnya pada saat sedang crawl situs blog kita. Kuncinya adalah dengan membuat konten yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga kita bisa membuat internal link yang mengarah. Perlu diperhatikan bahwa internal link harus menggunakan atribut dofollow bukan nofollow dan untuk lebih jelasnya bisa kalian baca Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Sedangkan yang dimaksud dengan Eksternal link adalah sebuah link yang mengarah ke situs lain. Menggunakan eksternal link tidak perlu menggunakan atribut dofollow. Buatlah ekternal link yang mengarah ke situs seperti wikipedia atau situs situs besar yang memiliki reputasi baik di mata mesin pencari. Hal ini dapat meningkatkan domain authority Blog kita.

Baca Juga : Apa itu Domain Authority Serta Cara mendapatkan Domain Authority

Lakukan Optimasi Gambar

seoOptimasi gambar juga dapat berpengaruh terhadap SEO. Gambar akan memberikan gambaran visual tentang apa yang kalian jelaskan pada sebuah artikel. Cara melakukan optimasi gambar adalah dengan menambahkan alt tag di dalam gambar. Alt tag yang ditambahkan di dalam gambar adalah kata kunci utama yang kita gunakan ada artikel tersebut.

Itulah tadi beberapa tips optimasi seo on page yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan trafik blog kalian. Inti dari orang ngeblog adalah bersabar. Oke sekian dari saya, tunggu sharing selanjutnya.

Save

Save

Tags:

Author: 

Lahir di kota Kudus, Saya adalah Seorang Engineer yang menyukai blogging serta dunia teknologi Digital. Mulai blogging sejak SMK dan sangat tertarik terhadap perkembangan dunia digital masa depan.

author

Please Leave a Reply