Computer, How To, Laptop
Mei3

Tips Menjaga Komputer Dari Serangan Virus

Dunia sudah beda. Sekarang ini jaman sudah memakai komputer untuk segala keperluan seperti mengerjakan tugas sekolah, menghitung pengeluaran ataupun hanya untuk sekedar berinteraksi melalui dunia maya. Perkembangan teknologi ini memaksa kita untuk tanggap dan harus melek teknologi.

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini banyak sekali virus yang bisa masuk ke komputer kita. Yah, virus komputer bisa dibilang sangat mengganggu terutama terhadap performa komputer itu sendiri. Komputer yang terkena virus akan sangat rawan terhadap tindakan kejahatan pencurian baik data ataupun sebagainya.

Virus biasanya digunakan oleh para hacker untuk mejalankan aksi pencurian data. Namun kalian tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips supaya komputer kalian bersih dari serangan virus komputer.

1. Gunakan Antivirus Komputer

Program antivirus sangat berperan dalam komputer dari serangan virus. Antivirus bisa kalian gunakan untuk upaya pencegahan terhadap masuknya virus. Perlu diketahui virus bisa masuk melalui koneksi internet ketika kita sedang berselancar di dunia internet.

Software antivirus bisa kalian dapatkan secara gratis dan berbayar, namun jika kalian tidak memliki cukup uang saya sarankan agar menggunakan yang versi gratisan dan jangan menggunakan yang versi bajakan atau crack. Software bajakan atau yang sudah di crack juga sangat rawan serangan virus komputer. Apalah fungsi antivirus jika antivirus itu sendiri mengandung virus yang bisa membahayakan komputer kita.

Banyak terdapat software antivirus versi gratis yang memiliki fitur membasmi serangan virus sangat baik. Diantaranya adalah Microsoft Security Essential, Avira dan AVG.

2. Hindari Mendownload File Attachment

Hal ini bisa saja terjadi pada kalian yang sering berselancar di internet. Jika ada kiriman email yang tidak kalian kenal sebelumnya usahakan menghindari membuka file attachment yang ada. File attachment bisa saja berisi virus didalamnya. Oleh sebab itu jika dirasakan tidak terlalu penting hindarilah membuka jenis file tersebut supaya virus komputer tidak masuk kedalam komputer kita sendiri.

3. Gunakan Software Asli

Kenapa harus software asli? karena software asli terjamin kualitasnya dan bisa dipastikan aman. Jika kalian saat ini menggunakan software bajakan sebaiknya kalian perlu berhati hati karena software bajakan bisa saja dimasukan virus komputer yang bisa mengakibatkan komputer kita juga terinveksi.

Dengan menggunakan software asli, kalian juga membantu menghargai hak cipta orang lain.

4. Scan Flasdishk Yang Masuk Ke Komputer

Tidak jarang kita diminta tolong untuk membagikan suatu file yang ada di komputer kita melalui flashdisk namun tidak jarang pula flashdisk yang yang diberikan ke kita dalam kondisi banyak virus. Untuk menghindari virus komputer masuk, langkah paling aman yang dapat kalian lakukan adalah dengan scanning flashdisk tersebut telebih dahulu sebelum membukanya.

Dengan melakukan scanning flashdisk, akan dapat membantu mencegah masuknya virus ke komputer kita.

5. Jangan Install Aplikasi Secara Sembarangan

Aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya biasanya dapat berisikan virus jenis malware. Usahakan untuk tidak men install aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya. Aplikasi semacam ini biasanya masuk ke komputer kita sewaktu kita berselancar di internet dan kalian mengunjungi situs web yang sudah terinfeksi virus malware.

Dengan ke lima langkah diatas, akan dapat membantu komputer kalian dari serangan virus komputer yang berbahaya serta dapat mempercepat kinerja komputer kalian.

Semoga Artikel ini dapat membantu kalian dala menjaga komputer terbebas dari virus.

Tags:

Author: 

Lahir di kota Kudus, Saya adalah Seorang Engineer yang menyukai blogging serta dunia teknologi Digital. Mulai blogging sejak SMK dan sangat tertarik terhadap perkembangan dunia digital masa depan.

author

Please Leave a Reply