Tips Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu

Anda pernah membeli barang bekas/second? Tentunya kalian akan ngecek dong bagaimana kondisi barang yang akan kita beli. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana sih jika kita mau membeli iPhone bekas. Seperti yang orang ketahui smartphone besutan Apple ini memiliki kecanggihan yang harganya juga diatas harga hp android. Banyak orang yang masih belum mengerti tentang apa yang harus diketahui ketikan akan membeli smartphone besutan apple ini.

Mungkin sedikit tips ini akan membantu anda dalam panduan membeli iPhone bekas.

1. Perhatikan kondisi Fisik iPhone Bekas

Hardware

Kondisi fisik bagaimanakah yang dimaksud? Ya ketika kalian akan membeli iPhone perhatikan barangnya terlebih dahulu. Cek kondisinya dari goresan lalu cek kondisi tombol tombolnya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada cacat pada tombol home saya sarankan jangan membelinya karena tombol home merupakan komponen yang sangat sering digunakan pada iPhone.

2. Periksa Apakah iPhone Dalam Kondisi Terkunci atau Tidak

iPhone Locked

Kalau kalian menemui kondisi seperti ini ada baiknya kalian pertimbangkan terlebih dahulu mau membelinya atau enggak. Saya sarankan mending tidak usah dibeli karena iPhone dalam kondisi terkunci atau lock kita tidak bisa melakukan apa-apa dan bisa jadi iphonenya barang nemu atau barang curian.

Langkah ini penting dilakukan mengingat harga iPhone sendiri tidak murah dan kita juga ingin membeli itu bisa dipakai.

3. Periksa Nomor IMEI

IMEI

International mobile equipment identity atau disebut imei merupakan langkah penting dalam membeli sebuah iphone bekas. Imei merupakan sebuah identitas perangkat elektronik yang dijadikan patokan bahwa barang tersebut adalah resmi.

Kalian bisa ngecek nomor imei iPhone pada menu Setting > General> About. Atau bisa menyimak posting dari kami 6 Cara Cek Imei iPhone. Fungsi nomer imei adalah untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian iPhone.

Mengecek nomer imei juga bisa melalui website resmi Apple https://checkcoverage.apple.com/ pemeriksaan ini sangat berguna terhadap garansi iphone. Seperti yang kita Tahu apple memberlakukan garansi internasional. Jadi misalkan iphone yang akan kita beli itu pada garansi hongkong ketika kita hendak meng klaim garansi kita harus ke hongkong terlebih dahulu.

4. Periksa Layar iPhone

Sama seperti melakukan pengecekan pada handphone android, iPhone juga harus di cek kondisi layarnya dari dead pixels. Lakukan pengecekan layar dengan menggunakan dead pixels test yang disediakan pada website penyedia test dead pixels. Pastikan layar iphone dalam kondisi normal tanpa cacat dead pixels karena harga sparepart nya cukup mahal.

5. Periksa Berapa kali Akun yang pernah dibuat di iPhone.

Langkah inilah yang menurut pengalaman saya paling penting ketika akan membeli iphone bekas. Kenapa? Karena iPhone hanya membatasi akun gratis pada perangkat iphone maksimum 3 kali pembuatan free account. Caranya sangat mudah, lakukan pembuatan akun lewat iphone tersebut. Apabila tidak ada pilihan yang gratis bisa jadi iPhone tersebut sudah digunakan untuk membuat akun sebanyak 3 kali. Kalo sudah terlanjur pilihannya adalah dengan berbayar dan membuat akun gratis dengan menggunakan iphone teman atau saudara kita.

6. Pastikan Charger dan Aksesoris dalam Kondisi yang Baik.

Charger iPhone

Seperti yang kita ketahui perangkat Apple merupakan perangkat mahal dan sudah pasti harga aksesorisnya juga mahal. Periksalah aksesoris iPhone seperti charger dan earpods dalam kondisi normal.  Kalau earpods atau charger rusak, saya sarankan untuk memikirkan ulang karena harga jual aksesoris iphone yang original juga lumayan mahal.

Baca : Cara Membedakan Earpods Asli atau Palsu

Kesimpulan

Pilihlah iphone bekas dengan teliti dan sesuai dengan barang normal saja, karena harga iphone cukup mahal banyak oknum yang memanfaatkannya demi keuntungan.

Mungkin 6 langkah diatas cukup membantu anda dalam menentukan kualitas iPhone bekas. Kalo saya sarankan carilah iphone bekas dari kerabat atau teman. Kemungkinan besar kita mengetahui kondisi barangnya. Jangan lupa share yaa!!

Bacar Juga : Gesture Pada iPhone dan iPad Yang Tersembunyi

Cara Menampilkan Tombol Assistive Touch Pada iPhone

Fitur Tersembunyi Pada iPhoneSave

Save

Save

2 Comments

  1. gio

Reply